Pertanyaan : Bolehkah wanita
yang sedang haid menghadiri kajian ilmu di masjid ??
Jawabanya :
Pertama:
Jumhur ahli fikih dari keempat madzhab berpendapat bahwasannya
tidak boleh seorang wanita haid untuk berdiam di masjid, dengan dalil hadist
riwayat Bukhari (974)dan Muslim (890),dari Ummu ‘Athiyah dia berkata:
أمرنا تعني النبي صل الله عليه و سلم أن نخرج في العيدين العواتق ذوات الخدورو و أمر الخيض أن يعتزلن مصلى المسلمين
“Nabi shalallahu ‘alaihi
wasallam memerintahkan kepada kami untuk keluar rumah pada dua hari raya,
termasuk remaja putri dan gadis pingitan, dan beliau memerintahkan wanita yang
haid untuk menjauhi tempat shalat”.
Dalam hadist ini, Nabi shalallahu alaihi wasallam melarang wanita yang haid mendekati tempat shalat ‘id
dan memerintahkan mereka untuk menjauhinya, dikarenakan disana terdapat hukum
masjid, dan ini menjadi dalil dilarangnya wanita haid untuk memasuki masjid.
Jumhur juga berdalil dengan hadist yang lain, akan tetapi hadist tersebut dhaif
dan tidak boleh dijadikan hujjah, diantaranya hadist perkataan Nabi shalallahu
‘alaihi wa sallam:
لا أحل المسجد لحائض ولا جنب
“Tidaklah halal masjid untuk orang yang haid dan junub”. Hadist ini didhaifkan oleh syekh Albani dalam
kitab Dhaif Abi Daud (232).
Ulama Lajnah Daimah ditanya tentang hal ini dalam fatwa no
(6/272):
Bagaimanakah hukum syar’i tentang seorang wanita yang memasuki masjid padahal dia
sedang haid untuk mendengarkan khutbah saja?
Jawaban Lajnah Daimah:
Tidak boleh bagi seorang wanita yang sedang haid atau nifas untuk
memasuki masjid. Sedangkan bila hanya lewat, maka diperbolehkan apabila ia
mempunyai kepentingan dan yakin bahwa tidak akan mengotori masjid dengan
najisnya, berdasarkan firman Allah Ta’ala:
ولا جنبا الا عابري سبيل حتى تغتسلوا
”Dan (jangan pula menghampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan
junub, kecuali sekedar berlalu saja, sampai kamu mandi” (Qs An Nisa’:43)
dan wanita yang haid termasuk dalam makna junub. Dalil selanjutnya
adalah bahwa Nabi pernah memerintahkan Aisyah untuk mengambilkan kebutuhan
beliau dari masjid sedangkan dia sedang haid. Demikian fatwa Lajnah Daimah no
6/272
Syekh Utsaimin rahimahullah juga pernah ditanya: apakah boleh bagi
wanita haid menghadiri halaqah dzikir di masjid?
Beliau menjawab: wanita yang haid tidak boleh berdiam di masjid ,
sedangkan bila hanya lewat maka tidak mengapa, dengan syarat yakin bahwa tidak
akan mengotori masjid dengan darahnya. Apabila tidak boleh baginya untuk
berdiam di masjid, maka tidak boleh juga baginya untuk masuk mendengarkan
pengajian atau bacaan Al Qur’an, kecuali apabila di sana terdapat tempat di
luar masjid yang dia dapat mendengar suara dengan perantara mikrofon, maka
tidak mengapa dia duduk di sana untuk mendengarkan pengajian. Karena tidak
mengapa seorang wanita haid mendengarkan dzikir dan ayat-ayat Al Qur’an
sebagaimana dalam hadist Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam bahwasannya beliau
bersandar di pangkuan Aisyah dan membaca Al Quran sedangkan Aisyah ketika itu
sedang haid.
Sedangkan pergi ke masjid untuk berdiam di dalamnya karena
mendengarkan pengajian atau bacaan Al Quran maka hal ini tidak boleh. Dalilnya
adalah hadist Nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam ketika haji Wada’: ketika
sampai berita kepada Nabi shallalhu alaihi wa sallam, bahwa Shofiyyah haid,
maka beliau berkata: Apakah ia menahan kita (dari kembali ke Madinah)? karena
beliau shalallahu ‘alaihi wa sallam mengira Shafiyyah belum melaksanakan thawaf
ifadhah. Para shahabat menjawab: dia sudah melaksanakan thawaf ifadhah. Maka hal ini menjadi dalil tidak bolehnya
berdiam di masjid walaupun untuk ibadah. Dan juga telah tetap dari Nabi
bahwasannya beliau memerintahkan para wanita untuk keluar ke tempat shalat id
untuk pelaksanaan shalat dan dzikir dan memerintahkan wanita yang sedang haid
untuk menjauhi tempat shalat. Demikian nukilan dari Fatawa at Thahirah (273).
Beliau mengambil pendapat para ulama dalam kitab Al Mabshuut
(3/153), Hasyiyah Ad Dasuuqi (1/173), Al Majmu’ (2/388), dan Al Mughni(1/195)
Kedua:
Bagi wanita yang sedang haid diperbolehkan membaca al Qur’an tanpa
menyentuh mushaf dan boleh baginya untuk
membaca Al Qur’an yang dicetak bersama tafsirnya. Syeikh Utsaimin rahimahullah
mengatakan: “Untuk kitab tafsir, diperbolehkan wanita haid menyentuhnya karena
kitab tersebut dihukumi sebagai buku tafsir, dan ayat-ayat Al Qur’an di
dalamnya lebih sedikit dari pada tafsirnya. Dalil dari hal ini adalah surat
Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam kepada raja-raja kafir, di mana di
dalamnya terdapat ayat-ayat Al Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa sesuatu
dihukumi berdasarkan umumnya kandungan yang ada di dalamnya.
Sedangkan apabila sama banyaknya antara tafsir dan ayat-ayat al
Qur’an, maka di sini berkumpul dua hukum yaitu mubah dan haram, maka yang
diambil adalah hukum pelarangan, sehingga dalam hal ini diambil hukum Al
Qur’an, yaitu tidak boleh menyentuhnya. Apabila tafsir lebih banyak daripada
ayat walaupun dalam jumlah yang sedikit, maka dihukumi sebagai tafsir. Demikian
nukilan dari kitab Syarh Mumti’ (1/267)
Ketiga:
Apa yang dimaksudkan dari pertanyaan di atas bahwasanya ditakutkan
tertinggalnya beberapa pelajaran bagi wanita yang haid apabila dilarang untuk
memasuki masjid, maka dapat dilakukan dengan merekam pelajaran tersebut, atau
mendengarkan pelajaran dari luar masjid, apabila hal tersebut memungkinkan, dan
sebaiknya beberapa tempat di masjid disambungkan dengan tempat khusus yang
tidak dihukumi sebagai masjid, seperti membuat maktabah/perpustakaan atau
ruangan untuk tahfidz Al Qur’an, yang memungkinkan bagi orang yang memiliki
‘udzur untuk duduk di sana tanpa ada larangan.
Wallahu a’lam
0 comments:
Post a Comment